Materi Public Relation Dan Undang-Undangnya Klik Disini
Orang
sering berbicara mengenai public relation
tanpa mengetahui secara persis apa itu. Mengingat bidang ini mempunyai banyak
aspek-beberapa jelas, dan beberapa kabur-mereka mungkin hanya memahami satu
unsur dari suatu kegiatan yang penuh liku.
Public relation
adalah hal pokok dalam dunia masa kini yang rumit, guna memuluskan proses
komunikasi dan pemahaman. Public relation
mencakup riset dan analisis, penyususnan kebijakan, pemrograman, komunikasi,
dan umpan balik dari masyarakat yang terkena dampaknya. Praktisi public relation bekerja pada dua tingkat
yang berbeda; sebagai penasihat bagi klien mereka atau manajemen suatu
perusahaan, dan sebagai teknisi yang menampilkan kejamakan fungsi.
Terdapat
berbagai definisi public relation,
karena bidang ini mempunyai banyak faset sehingga fungsinya yang luas tidak
mudah dirangkum dalam beberapa kata saja. Dalam bab ini berbagai definisi
disoroti. Sesudah menyimak berbagai jenis definisi, pembaca akan dapat
memformulasikan sendiri definisi mereka berdasarkan garis yang dapat ditarik ke
seluruh definisi dalam daftar.
Jelaslah
bahwa seseorang yang bekerja dalam public
relation harus serba tahu. Seperti yang akan dijelaskan pada bagian
selanjutnya, seorang praktisi membutuhkan kemampuan dan pelatihan untuk menulis
dengan baik, menciptakan proyek dan peristiwa, menangani aspek-aspek teknis
dalam berurusan dengan media berita, menasihati klien dan majikan, menilai
suasana hati masyarakat, mendeteksi dan menganalisis problem, dan membuat
keputusan dengan hati-hati.
DEFINISI
TIADA BATAS
Penulis
buku referensi Scott M. Cutlip, Allen H. Center, dan Glen M. Broom dalam edisi
keenam: Public Relation adalah fungsi
manajemen yang mengidentifikasikan, menetapkan, dan memelihara hubungan saling
menguntungkan antara organisasi dan segala lapisan masyarakat yang menentukan
keberhasilan atau kegagalan public
relation.
British
Institute of Public Opinion: Public
relation adalah usaha sengaja, terencana, dan tidak pernah mati untuk
memelihara dan menetapkan saling pengertian antara sebuah organisasi dan
masyarakatnya.
Deutsche
Public Relation: Public relation
adalah usaha sengaja dan sesuai hukum untuk mencapai pemahaman dan membina
serta memelihara kepercayaan di antara masyarakat umum atas dasar riset
sistematis.
Dansk
Public Relation Klub of Denmark: Publis
relation adalah usaha manajerial secara sistematis dan tidak pernah
berhenti yang digunakan sebagai alat bagi organisasi swasta dan pemerintah
untuk membina pengertian, simpati, dan dukungan di lingkungan masyarakat yang
diperkirakan akan berhubungan dengan mereka.
World
Assemby of Public Relation: Public
relation adalah seni dan ilmu social untuk menganalisis tren, meramalkan
konsekuensi tindakan, memberikan konsultasi kepada pemimpin organisasi, dan
melaksanakan program tindakan terencana demi kepentingan masyarakat umum dan
organisasi.
Studi
cermat mengenai penjelasan ini harus memungkinkan setiap orang mampu menyusun
definisi kata sendiri. Orang tidak perlu mengingat definisi yang manapun, namun
ada kata-kata kunci yang harus diingat.
Yaitu:
sengaja, terencana, kinerja, kepentingan
mayarakat, komunikasi dua arah dan fungsi manajemen.
No comments:
Post a Comment
Silahkan baca dan share