Home About
JIKA ADA YANG DITANYAKAN ATAU DATA YANG KALIAN BUTUHKAN, SILAHKAN BERKOMENTAR PADA MATERI TERSEBUT...TERIMAKASIH

Friday, 6 December 2013

APAKAH PUBLIC RELATION ITU?

Materi Public Relation Dan Undang-Undangnya Klik Disini

Orang sering berbicara mengenai public relation tanpa mengetahui secara persis apa itu. Mengingat bidang ini mempunyai banyak aspek-beberapa jelas, dan beberapa kabur-mereka mungkin hanya memahami satu unsur dari suatu kegiatan yang penuh liku.
 
Public relation adalah hal pokok dalam dunia masa kini yang rumit, guna memuluskan proses komunikasi dan pemahaman. Public relation mencakup riset dan analisis, penyususnan kebijakan, pemrograman, komunikasi, dan umpan balik dari masyarakat yang terkena dampaknya. Praktisi public relation bekerja pada dua tingkat yang berbeda; sebagai penasihat bagi klien mereka atau manajemen suatu perusahaan, dan sebagai teknisi yang menampilkan kejamakan fungsi.

Terdapat berbagai definisi public relation, karena bidang ini mempunyai banyak faset sehingga fungsinya yang luas tidak mudah dirangkum dalam beberapa kata saja. Dalam bab ini berbagai definisi disoroti. Sesudah menyimak berbagai jenis definisi, pembaca akan dapat memformulasikan sendiri definisi mereka berdasarkan garis yang dapat ditarik ke seluruh definisi dalam daftar.

Jelaslah bahwa seseorang yang bekerja dalam public relation harus serba tahu. Seperti yang akan dijelaskan pada bagian selanjutnya, seorang praktisi membutuhkan kemampuan dan pelatihan untuk menulis dengan baik, menciptakan proyek dan peristiwa, menangani aspek-aspek teknis dalam berurusan dengan media berita, menasihati klien dan majikan, menilai suasana hati masyarakat, mendeteksi dan menganalisis problem, dan membuat keputusan dengan hati-hati.

DEFINISI TIADA BATAS
Penulis buku referensi Scott M. Cutlip, Allen H. Center, dan Glen M. Broom dalam edisi keenam: Public Relation adalah fungsi manajemen yang mengidentifikasikan, menetapkan, dan memelihara hubungan saling menguntungkan antara organisasi dan segala lapisan masyarakat yang menentukan keberhasilan atau kegagalan public relation.

British Institute of Public Opinion: Public relation adalah usaha sengaja, terencana, dan tidak pernah mati untuk memelihara dan menetapkan saling pengertian antara sebuah organisasi dan masyarakatnya.

Deutsche Public Relation: Public relation adalah usaha sengaja dan sesuai hukum untuk mencapai pemahaman dan membina serta memelihara kepercayaan di antara masyarakat umum atas dasar riset sistematis.

Dansk Public Relation Klub of Denmark: Publis relation adalah usaha manajerial secara sistematis dan tidak pernah berhenti yang digunakan sebagai alat bagi organisasi swasta dan pemerintah untuk membina pengertian, simpati, dan dukungan di lingkungan masyarakat yang diperkirakan akan berhubungan dengan mereka.

World Assemby of Public Relation: Public relation adalah seni dan ilmu social untuk menganalisis tren, meramalkan konsekuensi tindakan, memberikan konsultasi kepada pemimpin organisasi, dan melaksanakan program tindakan terencana demi kepentingan masyarakat umum dan organisasi.

Studi cermat mengenai penjelasan ini harus memungkinkan setiap orang mampu menyusun definisi kata sendiri. Orang tidak perlu mengingat definisi yang manapun, namun ada kata-kata kunci yang harus diingat.

Yaitu: sengaja, terencana, kinerja, kepentingan mayarakat, komunikasi dua arah dan fungsi manajemen.
 

No comments:

Post a Comment

Silahkan baca dan share