Siklus Pengembangan Multimedia
Pengembangan sistem multimedia harus mengikuti tahapan pengembangan sistem multimedi, yaitu
mendefinisikan masalah, studi kelayakan, melakukan analisis kebutuhan, merancang konsep,
merancang isi, menulis naskah, memproduksi sistem, melakukan tes pemakai, menggunakan sistem
dan memelihara sistem.
Mendifinsikan Masalah
Studi Kelayakan
Analisis Kebutuhan Sistem
Merancang Konsep
Merancang Isi
Merancang Naskah
Merancang Grafik
Memproduksi Sistem
Tes Sistem
Menggunakan Sistem
Memelihara Sistem
Gambar 1 Siklus pengembangan sistem multimedia
Untuk memudahkan pengembangan sistem multimedia, dapat menggunakan tabel di bawah ini:
Tahap Pertanyaan Kunci Patokan
Pendefinisian Masalah Apa masalahnya harus
diselesaikan dengan
multimedia?
Pernyataan sasaran dan
batasan sistem
Studi kelayakan Apakah solusinya dengan
multimedia layak?
- analisis biaya/manfaat
secara kasar
2
- batasan sasaran dan
sistem
Analisis Kebutuhan Sistem Apa yang harus dikerjakan
untuk memecahkan masalah?
- Model secara logika
sistem
- Diagram arus data
- Kamus data
- Algoritma
Merancang Konsep Apakah konsep tersebut
merupakan solusi terbaik?
- Sasaran dan batasan
sistem
- Strategi kreatif
- Ringkasan kreatif
- Struktur arus/Aliran data
Merancang Isi Bagaimanakah
mengimplementasikan strategi
kreatif dalam isi multimedia
- Implementasi strategi
kreatif (daya tarik, gaya,
nada dan kata)
Merancang Naskah Bagaimanakah merancang
naskah dan story board yang
efektif?
- Istilah-istilah dalam
naskah multimedia
- Story board
Merancang grafik Bagaimanakah merancang
grafik yang efektif?
- Prinsip-prinsip
merancang grafik
Memproduksi sistem Apakah sistem multimedia
dapat diproduksi?
- Peralatan produksi
- Praproduksi
- Produksi
- Pasca produksi
Tes sistem Apakah sistem multimedia tidak
ada kesalahan/kerusakan?
- Rencana pengetesan
- Tes sistem secara
formal
Menggunakan sistem Apakah sistem multimedia
sudah dapat digunakan?
- Pendekatan sistem
- Konversi sistem
- Instalasi sistem
Memelihara Sistem Apakah sistem multimedia perlu
diperbaiki?
- Penggandaan sistem
- Pengkajian ulang
sistem
- Dukungan secara
berkesinambungan
Pendefinisian Masalah Multimedia
Masalah yang dipelajari Analis Sistem adalah masalah yang dihadapai pengguna. Langkah-langkah
yang harus dijalankan:
- mendefinisikan batasan dan sasaran
- mendefinisikan masalah yang dihadapi pengguna
- mengidentifikasi penyebab masalah dan titik keputusan
- mengidentifikasi pengguna akhir sistem
- memilih prioritas penanganan masalah
- memperkirakan biaya dan manfaat secara kasar
- membuat laporan hasil dari pendefinisian masalah (proposal sistem)
Sasaran dan Batasan Sistem Multimedia
Sasaran sistem multimedia, antara lain peningkatan kinerja, peningkatan efektivitas informasi,
penurunan biaya, peningkatan keamanan sistem, peningkatan efisiensi dan peningkatan pelayanan
kepada pelanggan. Batasan sistem merupakan lingkungan yang membatasi sistem, misalnya aturan,
authentication penggunaan sistem.
Masalah dalam Sistem Multimedia
Masalah dalam sistem multimedia adalah kondisi atau situasi yang menyimpang dari sasaran sistem
multimedia, bahkan menyimpang dari sasaran organisasi atau perusahaan. Misalnya kinerja
mengalami penurunan, informasi tidak efekif, biaya membengkak, sistem tidak aman dan pelayanan
yang buruk terhadap pelanggan.
3
Studi Kelayakan
Studi kelayakan adalah suatu studi yang akan digunakan untuk menentukan kemungkinan apakah
pengembangan proyek sistem multimedia layak diteruskan atau dihentikan. Apakah proyek sistem
multimedia ini layak atau tidak, bergantung pada analisis kelayakan yang biasa disebut analisis biaya
dan manfaat. Analisis biaya dan manfaat ini menyangkut beberapa faktor yaitu:
Faktor-Faktor Kelayakan Pertanyaan Kunci
Teknis Dapatkah sistem multimedia yang baru diterapkan menggunakan teknologi
yang ada?
Ekonomi Apakah sistem multimedia yang baru menguntungkan secara ekonomi?
Operasi/Organisasi Dapatkah sistem multimedia yang baru tidak melanggar etika dan hukum?
Jadwal Apakah mungkin sistem multimedia yang baru tak ada kendala waktu?
Strategi Apakah mungkin sistem multimedia yang baru dapat meningkatkan
keunggulan bersaing?
Merancang Konsep
Untuk dapat merancang konsep dalam membuat aplikasi multimedia dibutuhkan kreatifitas. Analisis
sistem bekerja sama dengan pengguna, atau para ahli dalam bidang-bidang tertentu untuk dapat
mengembangkan kreatifitasnya.
Kreatifitas adalah kemampuan untuk menyajikan gagasan atau ide baru sedangkan inovasi
merupakan aplikasi dari gagasan atau ide baru tersebut.
Merancang Isi Multimedia
Merancang isi merupakan komersialisasi dari merancang konsep atau implementasi dari strategi
kreatif yang meliputi evaluasi dan memilih gaya tarik pesan atau gaya, nada, dan kata dalam
mengeksekusi pesan.
Prinsip Dasar dalam Menulis Naskah Multimedia
Merancang Naskah
Beberapa pertimbangan dalam menulis naskah multimedia agar efektif, antara lain:
• Memahami penglihatan, suara dan gerakan yang berhubungan dengan persepsi dari pesan yang
diingkan penonton.
• Kata yang ditampilkan dalam iklan menginterprestasikan gambar dan pemikiran yang lebih lanjut.
• Tampilan multimedia umumnya lebih efektif dalam penampilan daripada dalam perkataan, maka
kemampuan video untuk berkomunikasi dengan penonton harus lebih menonjol.
• Sejumlah adegan direncanakan hati-hati. Terlalu banyak adegan cenderung membuat penonton
bingung.
• Pada dasarnya multimedia adalah media yang “Close-Up”. Layar multimedia umumnya terlalu
kecil untuk mengungkapkan secara rinci adegan dalam iklan.
• Menggunakan kata super (kata yang mudah diingat dan menarik perhatian) sebagai tema dasar,
sehingga penonton melihat dan mendengar keunggulan produk yang diiklankan.
• Jika memungkinkan tampilkan nama merk, jika ingin menonjol bidikan kamera pada kemasan
atau logo untuk membangun identifikasi merk.
• Komunikasikan satu ide dasar saja, hindari manfaat tambahan yang tidak terlalu menonjol.
• Pembacaan audio dengan keras untuk menarik perhatian
• Tulis kalimat yang pendek dan strukturnya tidak rumit (gunakan kata sehari-hari).
Merancang Storyboard
Storyboard merupakan serangkaian sketsa dibuat berbentuk persegi panjang yang menggambarkan
suatu urutan (alur cerita) elemen-elemen yang diusulkan untuk aplikasi multimedia.
Merancang Grafik pada Multimedia
Merancang grafik dua dimensi meliputi merancang garis, bentuk, warna, kontras nilai, tekstur dan
format. Garis adalah tanda yang dibuat oleh alat yang digambar melewati permukaan. Garis
dikategorikan berdasarkan tipe, arah dan kualitasnya. Tipe garis atau atribut garis merujuk pada
gerakan garis dari awal hingga akhir yang berupa garis lurus, lengkung atau siku-siku. Arah garis
menggambarkan hubungan antar garis terhadap halaman yang dibedakan menjadi tiga yaitu garis
4
horizontal, vertikal atau diagonal. Kualitas garis merujuk pada bagaimana garis digambarkan apakah
putus-putus, tegas, halus atau patah-patah, tebal atau tipis, kuat atau lemah.
Bentuk merupakan gambaran umum dari sesuatu atau formasi yang tertutup atau jalur yang tertutup.
Cara untuk menggambarkan bentuk adalah dengan garis, cara lainnya dengan menggunakan warna
dan kolase. Warna gray (abu-abu) yang dihasilkan dari pertemuan antara hitam dan putih merupakan
bentuk yang tidak dibuat dengan garis, sedangkan kolase adalah aktifitas memotong dan
menempelkan material dengan sedikit berbeda, seperti rendam kertasm foto pada permukaan dua
dimensi.
Warna merupakan elemen grafik yang sangat kuat dan provokatif, sehingga multimedia yang
dirancang sesuai dengan warna yang disukai pasar. Beberapa saran untuk merancang warna yang
efektif adalah sebagai berikut:
• Pilihlah warna sesuai dengan konsep yang anda desain
• Pilihlah warna yang akan membangkitkan semangat dan kepribadian pemesan multimedia anda.
• Periksalah di antara warna yang kontras dalam desain anda untuk memberikan dampak visual.
• Buat sketsa dengan banyak warna
• Desain dengan satu warna, kemudian dengan dua warna dan pada akhirnya dengan warna penuh.
• Bedakan warna desain di monitor dan pada saat pencetakan
• Pelajari simbol warna pada budaya yang berbeda
Beberapa pertimbangan dalam merancang teks dalam tampilan multimedia, antara lain:
• Pertimbangkan format, teks dirancang untuk mudah dibaca
• Desain teks adalah hirarki visual, orang cenderung membaca elemen yang terbesar, baru
kemudian yang terkecil.
• Susunan teks harus menyempurnakan kemudahan dibaca
• Semua faktor dari spasi huruf, spasi kata, dan spasi garis mudah dibaca, komunikatif dan
ekspresif.
• Pertimbangkan bentuk huruf, pakailah huruf yang asli, pikirkan tentang hubungan positif/negatif
spasi
• Bila melakukan pencampuran permukaan teks, harus disesuakand engan etnis terhadap pesan,
kontras, bobot, skala dan hirarki visual.
• Hindari sesuatu yang baru atau tipe huruf yang dekoratif.
Memproduksi Sistem Multimedia
Dalam memproduksi sistem multimedia komersial misalnya iklan televisi, melibatkan tiga tahap, yaitu
tahap praproduksi, tahap produksi dan pasca produksi. Tahap pra-produksi adalah tahap semua
pekerjaan dan aktifitas yang terjadi sebelum multimedia komersial diproduksi secara nyata. Tahap
produksi adalah periode selama multimedia diproduksi secara komersial. Tahap pasca produksi
adalah periode semua pekerjaan dan aktifitas yang terjadi setelah multimedia diproduksi secara nyata
untuk tujuan komersial.
Pengetasan Sistem Multimedia
Pengetesan merupakan langkah yang dilakukans setelah aplikasi multimedia diproduksi. Fungsinya
adalah untuk memastikan bahwa hasil produksi aplikasi multimedia sesuai dengan yang direncanakan.
Penggunaan Sistem Multimedia
Implementasi sistem multimedia dipahami sebagai sebuah proses yang akan menentukan apakah
sistem multimedia mampu beroperasi dengan baik serta mengetahui apakah para pengguna bisa
mandiri dalam mengoperasikannya, baik dalam penggunaan maupun penilaian.
Pemeliharaan Sistem Multimedia
Setelah sistem digunakan, maka sistem akan dievaluasi oleh pemakai dan spesialis multimedia untuk
menentukan apakah sistem yang baru tersebut sesuai dengan tujuan semula dan diputuskan apakah
ada revisi atau modifikasi.
Sumber Pustaka:
M. Suyanto. 2003. MULTIMEDIA Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. ANDI OFFSET. Yogyakarta.
No comments:
Post a Comment
Silahkan baca dan share