Home About
JIKA ADA YANG DITANYAKAN ATAU DATA YANG KALIAN BUTUHKAN, SILAHKAN BERKOMENTAR PADA MATERI TERSEBUT...TERIMAKASIH

Monday, 16 December 2019

Manajemen Krisis

Definisi Konseptual
1.     Manajemen Krisis
Adalah pendekatan kapasitas untuk memahami, mengerahkan, mengkoordinasikan dan menjadikan satu semua strategi dan fungsi kebijakan, serta semua keahlian hubungan dengan public menjadi sebuah pemahaman yang objektif (berisikan partisipasi dalam membentuk kebijakan public yang dapat berpengaruh terhadap masa depan masing-masing individu bahkan perusahaan atau institusional.
Adalah proses cepat yang digunakan untuk membantu perusahaan dalam mengenali gejala krisis dari awal dan membangun system untuk mencegah terjadinya kerusakan, kerugian dan hilangnya nama baik.
2.     Public Relations
Salah satu fungsi dari manajemen, membantu membangun dan memelihara jalur komunikasi mutual, pemahaman, penerimaan, dan kerjasama antara organisasi dengan publiknya.
a.      mencakup pengelolaan berbagai masalah dan isu
b.     membantu manajemen senantiasa tahu dan responsive terhadap opini public
c.      mendefinisikan dan menekankan tanggung jawab manajemen untuk melayani kepentingan publiknya
d.     membantu manajemen mengejar ketertinggalan dan secara efektif mendayagunakan perubahan
e.      bertindak sebagai system peringatan dini untuk membantu mengantisipasi tren-tren
f.      menggunakan riset serta teknik-teknik komunikasi yang etis dan sehat sebagai alat-alat utamanya
manajemen krisis merupakan salah satu peranan public relation dalam memberikan masukan
3.     Manajemen Konflik
Manajemen konflik artinya
a.      menata rasa tertekan dan frustasi
b.     mencari informasi dan hal-hal baru yang tidak diketahui sebelum konflik terjadi
c.      memperoleh perspektif baru dari kekeliruan sudut pandang para pelaku konflik
d.     menentukan keputusan dan pemecahan masalah dengan lebih baik
e.      meningkatkan keakraban para angora kelompok organisasi dan menghargai perbedaan yang ditemukan dalam konflik dan mengatasinya melalui suatu proses sinergitas untuk meningkatkan kekuatan organisasi atau kelompok.
4.     Manajemen Risiko
a.      Adalah suatu pendekatan terstruktur dalam mengelola letidakpastian yang berkaitan dengan ancaman
b.     Suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan/pengelolaan sumberdaya.
c.      Strategi yang dapat diambil antara lain adalah memindahkan risiko kepada pihak lain, menghindari risiko, mengurangi efek negative risiko, dan menampung sebagian atau semua konsekuensi risiko tertentu.
d.     Macam-macam manajemen risiko:
-        Risiko operasional
-        Risiko hazard
-        Risiko finansial
-        Risiko strategic
e.      Proses manajemen risiko: identifikasi risiko à penilaian risiko à mitigasi à monitoring à evaluasi
MANAJEMEN KRISIS
Mengenali gelaja krisis serta membangun system pencegahan untuk mencegah kerusakan dan kerugian
MANAJEMEN KONFLIK
Menata rasa tertekan, mencari informasi sebelum konflik, memperoleh perspektif baru, menentukan keputusan, meningkatkan keakraban, menghargai perbedaan, mengatasi dengan sinergitas untuk meningkatkan kekuatan kelompok
MANAJEMEN RISIKO
Mengelola ketidakpastian, mengidentifikasi, menilai risiko, mengurangi risiko, memantau, mengevaluasi untuk mengurangi risiko yang dapat diterima masyarakat

Empat Tahap Krisis:
1.     Prodromal
2.     Tahap Akut
3.     Tahap Kronis
4.     Tahap Resolusi
Setiap tahapan strategi komunikasinya berbeda-beda
Fearn Banks (2007) : Krisis sebagai a major occurance with a potentially negative outcome offecting the organization, company, or industry, as well as its public, product, service or good name.

Coombs (2007) : tiga ancama dalam perusahaan akibat diterpa krisis, yakni: keamanan public (public safety), kerugian finansial (financial loss), dan pada akhirnya mengarah pada rusaknya reputasi (reputation loss).

No comments:

Post a Comment

Silahkan baca dan share